Jumat, 10 Maret 2017

Berburu Keindahan Di Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol / Tomy

Bosan di Jakarta setiap weekend? Ingin melihat keindahan alam tapi tidak terlalu jauh? Coba datang saja ke Gunung Batu di kawasan Jonggol kabupaten Bogor. Meskipun tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 875 Mdpl tetapi keindahannya sempat menjadi Trending Topic  di media sosial. Selain keindahannya, lokasi yang cukup dekat dari Jakarta membuat banyak orang mengunjunginya.

Agak sulit ke sana bila menggunakan angkutan umum dikarenakan lokasinya jauh dari jalan raya yang dilintasi angkutan umum. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi untuk mempermudah perjalanan. Bila berangkat dari Jakarta maka akan melewati kawasan Cileungsi – Cariu – Sukamakmur - Sukaharja dan akhirnya tiba di Gunung Batu. Mendekati lokasi, jalan yang dilalui di dominasi bebatuan yang menyulitkan untuk dilewati.  

Gunung Batu Jonggol / Tomy
Awal pendakian, jalur didominasi tanah berbatu. Setelah itu jalur akan semakin menanjak dengan track tanah dan pepohonan akan semakin jarang. Semakin ke atas, kita harus semakin hati-hati melangkah dikarenakan kanan dan kiri jalur adalah jurang. Jalur berbatuan besar yang cukup curam akan menyambut sebelum mencapai puncak.
Dibeberapa titik jalur, telah disiapkan tali untuk membantu dalam mendaki. Sesampai di puncaknya, kita bisa melihat keindahan kawasan Jonggol yang masih hijau dengan banyaknya pepohonan.

Gunung Batu Jonggol / Tomy
Setiap ingin melakukan kegiatan di alam bebas termasuk mendaki gunung, diperlukan persiapan yang benar-benar matang. Tidak cukup dengan kenekatan ataupun hanya sekedar ikut-ikutan. Kita harus mempersiapkan fisik maupun mental karena akan melakukan kegiatan yang cukup melelahkan.

Perlengkapan pun harus menunjang dikarenakan kondisi alam yang sulit ditebak terutama mengenai cuaca yang terkadang bisa membahayakan di saat suhu panas maupun dingin. Ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam, janganlah kita merusak alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar