Kamis, 09 Maret 2017

Mengenal Candi Sukuh Di Balik Kabut Gunung Lawu

Candi Sukuh - Tomy

Di lereng Gunung Lawu terdapat banyak peninggalan masa lalu berupa bangunan candi. Selain Candi Cetho, di sana juga berdiri Candi Sukuh, yaitu sebuah komplek candi agama Hindu yang terletak di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah. Didirikan pada abad ke-15 Masehi, pada masa pemerintahan Suhita, ratu Majapahit (1429-1446). Dibangun menghadap ke barat dengan susunan halaman terdiri dari tiga teras.  Ketiga teras itu melambangkan tingkatan menuju kesempurnaan.

Candi Sukuh - Tomy
Relief yang terdapat di Candi Sukuh melambangkan tiga dunia, yaitu dunia bawah dilambangkan dengan relief Bima Suci, dunia tengah dilambangkan dengan relief Ramayana, Garudeya dan Sudhamala, sementara dunia atas dilambangkan dengan relief Swargarohanaparwa. Penggambaran ketiga dunia pada relief-relief tersebut menunjukkan tahapan yang harus dilalui manuasi untuk mencapai nirwana. Relief di Candi Sukuh terkesan vulgar dikarenakan penggambaran alat kelamin manusia pada beberapa figurnya.

Candi Sukuh - Tomy
Secara keseluruhan pola halaman dan penggambaran relief merupakan simbol menuju keabadian atau kesempurnaan yang diwujudkan melalui upacara keagamaan atau ruwat, yaitu sebagai sarana menaikkan derajat seseorang kepada tingkatan yang lebih suci, yaitu hilangnya mala dari dalam diri atau moksa.

Candi Sukuh - Tomy
Untuk menuju candi Sukuh dari kota Solo, terlebih dahulu kita menuju ke terminal Karangpandan. Setelah itu ke pasar Kemuning menggunakan angkutan desa. Sesampai di sana, perjalanan dilanjutkan menggunakan ojek dikarenakan jalur jalannya lebih mudah dilewati dengan sepeda motor dan juga belum adanya  angkutan yang langsung menuju Candi Sukuh.

Candi Sukuh - Tomy
Candi Sukuh - Tomy
Candi Sukuh - Tomy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar