Kamis, 09 Maret 2017

Menikmati Pesona Golden Sunrise Di Gunung Prau

Gunung Prau / Tomy

Di Jawa Tengah terdapat banyak wisata alam. Salah satunya adalah Dataran Tinggi Dieng yang termasuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dikelilingi pegunungan membuat Dataran Tinggi Dieng bertanah subur dan berudara sejuk.

Beberapa objek wisata yang ada di sana antara lain Telaga Warna, Kawah Sikidang, Candi Arjuna dan masih banyak yang lainnya. Untuk para penikmat ketinggian, kurang lengkap rasanya bila berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng tanpa mengunjungi Gunung Prau. Memiliki panorama keindahan alam yang luar biasa, bahkan ketika sang mentari pagi mulai menampak dan memancarkan sinarnya banyak yang menyebut Golden Sunrise, kini Gunung Prau makin ramai dikunjungi.  Gunung yang berada di ketinggian 2565 Mdpl itu merupakan salah satu lokasi favorit untuk para fotografer  yang ingin berburu foto pemandangan alam.

Perjalanan ke Gunung Prau dimulai dari terminal Wonosobo menggunakan minibus tujuan Dieng. 
Berkelok-kelok lajunya membelah ladang nan hijau yang terhampar luas. Para penumpang mulai sibuk menikmati tiap detail keindahan yang tampak. Udara dingin pun sudah mulai memeluk tubuh. 

Tidak terasa 1 jam lebih terlewati dan akhirnya sampai di basecamp Gunung Prau jalur Patak Banteng tetapnya di Jl. Dieng Km. 24 Patak Banteng, Kejajar, Wonosobo. Sebelum melakukan pendakian, para pengunjung diwajibkan lapor kepada pihak basecamp. 

Awal pendakian, para pengunjung akan ditemani melangkah oleh ratusan anak tangga yang sudah tersusun rapi dengan kemiringan yang cukup terjal. Selanjutnya jalur pendakian akan didominasi jalur tanah yang akan penuh debu di musim kemarau dan berlumpur serta licin pada musim penghujan. Lama perjalanan tergantung kondisi tubuh masing-masing, tetapi rata-rata memakan waktu 2 jam untuk sampai camping area.

Pemandangan terindah di Gunung Prau terjadi saat matahari mulai terbit. Gunung-gunung yang berlokasi dekat dengan Gunung Prau terlihat jelas berdiri kokoh menyambut langit yang mulai berwarna keemasan. Kabut pun ikut memperindah pemandangan pagi yang akan membuat nyaman siapapun yang sedang menikmatinya.

Setiap ingin melakukan kegiatan di alam bebas termasuk mendaki gunung, diperlukan persiapan yang benar-benar matang. Tidak cukup dengan kenekatan ataupun hanya sekedar ikut-ikutan. Kita harus mempersiapkan fisik maupun mental karena akan melakukan kegiatan yang cukup melelahkan.

Perlengkapan pun harus menunjang dikarenakan kondisi alam yang sulit ditebak terutama mengenai cuaca yang terkadang bisa membahayakan di saat suhu panas maupun dingin. Ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam, janganlah kita merusak alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar